Biografi Singkat Taylor Swift

Biografi Singkat Taylor Swift

Siapa yang tidak mengenal Taylor Swift? Ia adalah seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat yang hingga kini lagu-lagunya masih menjadi favorit oleh banyak orang, khususnya para anak muda.

Penyanyi yang memiliki nama asli Taylor Alison Swift ini lahir di tanggal 13 Desember 1989 di Reading, Pensylvania. Orang tuanya adalah Scott Kingsley Swift dan Andrea Gargner Swift. Ia memiliki seorang adik bernama Austin.

Selama awal tahun hidupnya, Taylor hidup di perkebunan pohon natal. Di usianya yang ke9 tahun, ia mulai tertarik dengan musik dan masuk ke teater musikal. Ia pun tampil pada 4 produksi Berks Youth Theatre Academy.

Untuk mendukung karier bermusiknya, ia kerap kali ke New York untuk ikut pelajaran vokal juga akting. Selain itu ia juga habiskan akhir pekannya untuk tampil pada festival juga acara-acara lokal.

Ia mulai merasa harus mengejar karier musiknya adalah ketika ia menyaksikan film dokumenter Faith Hill, dari sanalah ia pergi ke Nashville, Tennessee. Ketika ia berusia 11 tahun, dengan ibunya, ia memasukkan rekaman demo covernya untuk diberikan pada label-label rekaman. Tetapi demo covernya tersebut di tolak, karena banyak orang yang melakukan hal yang sama dengan Taylor. Ia pun berpikir untuk melakukannya dengan cara yang berbeda.

Saat diusianya yang ke 12 tahun, ia dibantu oleh seorang reparasi komputer  juga musisi lokal yang bernama Ronnie Cremer, untuk bermain gitar. Itu membantu Taylor dalam membuat karya pertamanya yang berjudul ‘Lucky You’.

Pada tahun 2003, Swift dan kedua orang tuanya bekerja dengan manajer musik yang berbasis di New York dengan nama Dan Dymtrow. Saat itu Taylor menjadi model untuk Abercrombie & Fitch dan memiliki lagu yang masuk pada CD kompilasi Maybeline.

Muali saat itu ia pun kerap kali berpergian ke Nashville dengan sang ibu. Ketika ia berusia 14 tahun, sang ayah pindah kantor untuk membantu Taylor dalam bermusik country. Mereka pun tinggal di rumah depan danau Hendersonville, Tennessee.

Pada awal kariernya, ia memulainya dengan menyanyikan lagu-lagu dengan genre music country. Lalu ia awalnya menandatangani kontrak dengan label independen Big Machine Records dan menjadi orang pertama yang dikontrak. Sang ayah membeli 3% saham pada perusahaan yang baru berdiri tersebut senilai $120.000.

Tidak lama setelah dikontrak, Taylor membuat sendiri 3 lagu yang ada pada albumnya sendiri. Selain itu juga ada Rose, Robert Ellis Orrall, Brian Maher, dan Angelo Petraglia yang turut membantu membuat albumnya tersebut.

Di tanggal 24 Oktober 2006, albur berjudul Taylor Swift tersebut rilis dan masuk pada Billboard 200 dan bertahan hingga 157 minggu, itu membuatnya menjadi album terlama yang bisa ada di tangga lagu pada tahun 2000an.

Ia juga memenangkan beberapa penghargaan untuk album perdananya tersebut, seperti menerima Nashville Songwriters Association Songwriter atau Artis of The Year di tahun 2007, bahkan penyanyi cantik ini merupakanpenyanyi termuda yang berhasil mendapatkannya.

Selain itu ia juga memenangkan Country Music Association Horizon Award dengan penghargaan Best New Artist, Academy of Country Music Awards Top New Female Vocalist, juga American Music Award favourite Country Female Artist.

Di tahun 2008, masih berada pada awal kariernya, Taylor sudah masuk pada nominasi Best New Artist di Grammy Awards.

Setelahnya, karier Taylor terus meningkat pesat dan bahkan menjadi salah satu penyanyi dengan pendapatan tertinggi!